Review Film Your Name (2016) – Tentang Hubungan Manusia, Rasa, dan Semesta


Picture was taken from: ringtimesbali.pikiran-rakyat.com

Sudah menjadi rahasia umum, jika anime selalu menyajikan kisah yang unik, menarik, dan tidak biasa. Anime akan menyajikan hal-hal yang terkadang di luar batas nalar manusia. Tetapi karena pengemasan dan eksekusi cerita yang apik dan menarik, anime dengan mudahya di terima masyarakat dari berbagai usia dan seolah bisa diterima logika.

            Tidak kalah unik dengan anime-anime lainya, film anime Your Name yang diproduksi pada tahun 2016 ini juga memiliki daya tarik dan keunikannya tersendiri. Your Name merupakan film yang di sutradarai oleh Shinkai Makoto. Tidak hanya sebagai sutradara saja, Shinkai Makoto juga merupakan sinematografer, penyunting, sekaligus penulis skenario dalam film ini. Karena film Your Name mendapat sambutan yang sangat bagus dari para penonton serta berhasil menyabet berbagai banyak penghargaan, maka pada tahun yang sama, Shinkai Makoto memutuskan untuk menuliskannya ke dalam Novel dengan judul yang sama yaitu Kimi No Nawa (Your Name).

Pengisi suara karakter-karakter dalam film Your Name ini juga merupakan para Seiyuu senior yang sebelumnya telah banyak berkontribusi pada flm-film anime terkenal lainnya. Para Seiyuu tersebut diantaranya, Ryunosuke Kamiki pengisi suara Taki Tachibana. Mone Kamishiraishi pengisi suara Mitsuha Miamizu. Masami Nagasawa pengisi suara Miki Okudera dan masih banyak lagi yang lainnya.

            Film Your Name ini berada di bawah naungan rumah produksi CoMix Wave Film dan disitributor Toho Funimation. Film ini sendiri dirilis pada tanggal 26 Agustus 2016 di Jepang dan 7 Desember 2016 di Indonesia. Filim Your Name memiliki durasi 107 menit dan menggunakan dua dubber bahasa yaitu bahasa Jepang dan Inggris (USA).

Gambaran Umum Cerita

Credit picture belongs to me

Film Your Name bercerita tentang dua anak manusia yang mempunyai kehidupan yang benar-benar berbeda. Mitsuha Miamizu seorang siswi SMA yang hidup di desa Itomori di sebuah pegunungan yang jauh dari hiruk pikuk kota. Serta Taki Tachibana siswa SMA di kota besar, yaitu Tokyo. Mitzuha selalu mendambakan kehidupan kota di mana dirinya bisa menemukan café dengan mudahnya. Mitzuha merasa hidupnya di desa sangatlah membosankan dan tidak menarik sehingga dirinya sangat berharap bisa segera keluar dari desa dan bisa merasakan kehidupan di kota.

            Pada suatu hari, Mitsuha dan Taki memiliki sebuah mimpi yang sama. Mimpi itu adalah, keduanya merasa menjadi orang lain. Mitsuha menjadi seorang siswa SMA di Tokyo sedangkan Taki menjadi seorang siswi di sebuah desa. Pada awlanya, keduanya merasa itu hanyalah mimpi belaka dan tidak nyata. Namun setelah mimpi itu terulang beberapa kali, barulah Mitsuha dan Taki menyadari jika keduanya bukanlah bermimpi melainkan benar-benar bertukar jiwa. Hal ini tentu saja membuat Mitsuha dan Taki shock dan tidak percaya. Akan tetapi, keduanya harus tetap menjalani kehidupan yang ada, alhasil Mitsuha dan Taki saling meninggalkan pesan agar mereka berdua bisa saling mengingatkan hal apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama mereka bertukar jiwa.            

Dari awal penyajian cerita Your Name, mungkin sebagian orang akan beranggapan kisah seperti bertukar jiwa adalah cerita klise yang sudah banyak di jumpai di anime-anime atau film lainnya.  Namun, tunggu dulu, seiring dengan durasi film yang terus bertambah, film ini akan semakin jelas memberikan gambaran-gambaran konflik dan pokok permasalahan yang tentunya berbeda dengan cerita-cerita pertukaran jiwa pada umumnya.

Hal Yang Membuat Your Name Sangat Menarik

Credit picture belongs to me

Jika kita berbicara mengenai hal apa yang membuat Your Name menjadi film yang sangat menarik untuk di tonton, tentu saja kita mempunyai segudang hal yang patut kita bicarakan. Hal-hal tersebut akan kita bahas satu persatu  sebagai berikut;

            Pertama kita akan membahas grafik film dari kacamata orang awam atau orang yang tidak paham akan dunia grafik atau gambar. Your Name mempunyai grafik yang luar biasa bagus dan terkesan mulus. Gambaran-gambaran dari situasi, karakter, dan tempat di film ini mampu memukau penonton. Grafiknya dengan sukses membuat penonton lupa jika film Your Name merupakan film anime dan bukan film manusia nyata.

            Kedua, hal yang membuat film ini menarik adalah alur ceritanya. Film ini mempunyai alur cerita yang tidak mudah di tebak. Seperti yang sempat disebutkan di awal, ketika menonton film ini, awalnya penonton akan dibiarkan berfikir bahwa film ini hanyalah film dengan premis pertukaran jiwa pada umumnya yang tentunya sudah banyak ditemukan pada film-film lainnya. Namun siapa sangka, di tengah-tengah cerita, penonton akan dibuat terperangah dengan konflik  yang tak terduga.

            Ketiga, hal yang membuat film ini menarik adalah pengemasaan dan eksekusi cerita. Cerita dari film Your Name ini menyajikan semua unsur dengan porposi yang pas. Unsur remaja yang terlihat persis di kehidupan nyata dan tanpa dilebih-lebihkan. Unsur persahabatan yang akan membuat penonton merasa iri dengan karakter Mitsuha. Unsur keluarga yang terlihat sederhana dan hangat. Serta unsur romansa yang terlihat lugu, polos, akan tetapi terlihat manis.

Sedikit Kekurangan dari Your Name

Credit picture belongs to me

Semua hal di dunia ini  pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan, begitupun dengan film Your Name. Terlepas dari berbagai hal yang telah disebutkan di atas, Your Name juga mempunyai hal yang membuat film ini menjadi membingungkan bagi sebagian penonton. Hal yang membuat sebagian penonton bingung adalah alur cerita. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Your Name atau yang disebut juga Kimi No Nawa memiliki alur atau jalan cerita yang tidak mudah di tebak dan terkesan rumit. Hal ini menuntut penonton untuk selau fokus pada setiap detail cerita. Karena jika penonton tidak fokus sedikit saja, penonton akan tertingal detail penting yang membuatnya tidak mengetahui apa yang sebenarnya sedang terjadi dalam cerita.            

Hal lain yang membuat penonton sedikit bingung adalah, sajian open ending di akhir cerita. Banyak para penonton yang merasa kurang puas dan menuntut untuk adanya Your Name lanjutan. Tetapi ada juga beberapa orang yang merasa bahagia dengan open ending yang ada. Karena dengan adanya open ending, kemungkinan adanya Your Name lanjutan akan semakin besar mengingat respon yang sangat bagus yang telah banyak didapatkan. Kembali lagi, masalah bagaimana ending cerita apakah open ending atau bukan itu tergantung selera dari masing-masing penonton itu sendiri untuk suka atau tidak menyukainya.

Kesimpulan

Setelah kita membahas semua hal yang berkaitan dengan film Your Name ini, dari mulai siapa pengisi suaranya, kapan tanggal rilisnya, kekurangan, dan kelebihanya, maka secara garis besar kesimpulannya film Your Name merupakan filam bagus yang amat sangat layak untuk ditonton. Film ini juga aman untuk ditonton semua kalangan atau usia, karena tidak ada adegan kekerasan ataupun adegan yang tidak pantas lainnya. Sehingga film ini juga seratus persen aman ditonton untuk anak-anak. Jika membicarakan sekala satu sampai sepuluh (1-10) maka film ini pantas berada disekala 9. Iya begitu menariknya, cerita dari Your Name berhasil bertengger lama di otak para penikmatnya.

Itu dia tentang review film fenomenal Your Name. Bagi kalian pecinta film dan ingin membaca review-review film menarik lainnya, kalian bisa berkunjung ke bacaterus.com. Di sana kalian akan menemukan review film berbagai genre yang tentunya tidak kalah menarik untuk ditonton.

source artikel: https://id.wikipedia.org/wiki/Your_Name#Penghargaan

Menonton film Your Name

Membaca Novel Your Name



Categories: Blog Competition

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: